BANNERS

Senin, 11 Maret 2013

Membuat Program Menu (Input Biodata dan menguji angka Ganjil/Genap) dengan JAVA



1.       LISTING PROGRAM MENU
package kelompok1;

import javax.swing.*;
public class Kelompok1 {

public static void main(String[]args){
String box, nama, kelas, npm, angka;
box = JOptionPane.showInputDialog("- - Menu - -\n1. Biodata\n2. Bilangan Ganjl dan Genap\n3. EXIT");
int pil, a, b, c, d;
pil = Integer.parseInt(box);
switch(pil){
case 1:
nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama: ");
kelas = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Kelas: ");
npm = JOptionPane.showInputDialog("Masukan NPM: ");
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama Anda  :  "+nama+"\n\nKelas Anda  :  "+kelas+"\n\nNPM Anda    :  "+npm);
break;
case 2:
angka = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka: ");
a = Integer.parseInt(angka);
if(a%2==0){
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+" Adalah Bilangan Genap.");}
else{
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+" Adalah Bilangan Ganjil.");}
break;
case 3:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Exit . . . ?\nTerimakasih.");
break;
default:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"System Error !\nOut Of Menu !");
System.exit(0);
}}}


2.       LOGIKA PROGRAM
package kelompok1;
import javax.swing.*; à // kita melakukan import library javax.swing agar mendukung syntax JOptionPane

public class Kelompok1 {   à // nama cLass yang dibuat

public static void main(String[]args){  à //method pada java

String box, nama, kelas, npm, angka;  à //mendklarasikan variable box, nama, kelas, npm, dan angka bertipe String

box = JOptionPane.showInputDialog("- - Menu - -\n1. Biodata\n2. Bilangan Ganjl dan Genap\n3. EXIT"); à //meberikan isi variable box dengan tampilan input berbasis GUI yang telah di import dari library javax.swing, kemuadia terdiri dari 3 menu utama, yaitu menu Biodata, Ganjil Genap, dan Exit


int pil, a, b, c, d;    à /*  mendkalarsika varibel pil, a,b,c, dan d bertipe integer */


pil = Integer.parseInt(box);  à // mengisi varible pil, dengan mengubah tipe data varible box yaitu integer menjadi sring untuk di eksekusi di percabangan


switch(pil){   à //percabangan dengan parameter variable "pil"

case 1:  à  //jika memilih "1" maka perintah dibawah ini akan di eksekusi

nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama: "); à //menampilkan kotak input untuk memasukan nama


kelas = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Kelas: "); à // menampilkan kotak input untuk memasukkan kelas


npm = JOptionPane.showInputDialog("Masukan NPM: "); à // menampilkan kotak input untuk memasukkan NPM


JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama Anda  :  "+nama+"\n\nKelas Anda  :  "+kelas+"\n\nNPM Anda    :  "+npm);  à  // menampilkan kotak pesan yang memunculkan nama dengan memanggil variabel nama yang telah diinput kemudian variabel kelas dan NPM pun ditampilkan


break;  à // untuk menghentikan eksekusi pada case 1

case 2:   à // jika memilih 2 maka perintah ini akan dieksekusi

angka = JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka: "); à // menmpilkan kotak input untuk memasukkan angka yang akan diuji


a = Integer.parseInt(angka);  à // merubah variabel angka yang tadinya string menjadi integer kemudian ditaruh di variabel a


if(a%2==0){ à // percabangan if dengan kondisi jika a modulus 2 = 0 maka perintah dibawah akan dieksekusi

JOptionPane.showMessageDialog(null,a+" Adalah Bilangan Genap.");}    à // menampilkan kotak pesan dengan memanggil variabel a kemudian dinyatakan sebagai bill genap


else{   à  // jika kondisi tidak terpenuhi dieksekusi atau a modulus 2 tidak sama dengan 0
 maka perintah di bawah ini akan di eksekusi


 JOptionPane.showMessageDialog(null,a+" Adalah Bilangan Ganjil.");}  à  // menampilkan kotak pesan dengan memanggil variabel a kemudian dinyatakan sebagai bill ganjil


break;   à  // untuk menghentikan eksekusi perintah pada case 2


case 3:   à  // jika memilih 3 maka perintah ini akan dieksekusi


JOptionPane.showMessageDialog(null,"Exit . . . ?\nTerimakasih.");   à // menmpilkan kotak pesan yang bertuliskan terima kasih


break;     à  // untuk menghentikan eksekusi perintah pada case 3


default:   à // perintah yang akan dieksekusi jika user tidak memenuhi atau tidak memilih pilihan yang disediakan yaitu 1, 2, dan 3 maka perintah dibawah ini akan dieksekusi


JOptionPane.showMessageDialog(null,"System Error !\nOut Of Menu !");   à  // menampilkan kotak pesan yang menyatakan bahwa pilihan user tidak ada di menu yang disediakan


System.exit(0);   à  // perintah keluar dari program ketika tombol ok di klik
}}}


3.       OUTPU PROGRAM










Link Kelompok :

http://andimisbah.blogspot.com/

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar