1.
LISTING
PROGRAM MENU
package kelompok1;
import javax.swing.*;
public class Kelompok1 {
public static void main(String[]args){
String box, nama, kelas, npm, angka;
box = JOptionPane.showInputDialog("-
- Menu - -\n1. Biodata\n2. Bilangan Ganjl dan Genap\n3. EXIT");
int pil, a, b, c, d;
pil = Integer.parseInt(box);
switch(pil){
case 1:
nama =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan Nama: ");
kelas = JOptionPane.showInputDialog("Masukan
Kelas: ");
npm =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan NPM: ");
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama
Anda :
"+nama+"\n\nKelas Anda
: "+kelas+"\n\nNPM
Anda : "+npm);
break;
case 2:
angka =
JOptionPane.showInputDialog("Masukan Angka: ");
a = Integer.parseInt(angka);
if(a%2==0){
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+"
Adalah Bilangan Genap.");}
else{
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+"
Adalah Bilangan Ganjil.");}
break;
case 3:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Exit
. . . ?\nTerimakasih.");
break;
default:
JOptionPane.showMessageDialog(null,"System
Error !\nOut Of Menu !");
System.exit(0);
}}}
|
2.
LOGIKA
PROGRAM
package kelompok1;
import javax.swing.*; à // kita melakukan import library javax.swing
agar mendukung syntax JOptionPane
public class Kelompok1 { à
// nama cLass yang dibuat
public static void main(String[]args){ à
//method pada java
String box, nama, kelas, npm, angka; à
//mendklarasikan variable box, nama, kelas, npm, dan
angka bertipe String
box = JOptionPane.showInputDialog("- - Menu
- -\n1. Biodata\n2. Bilangan Ganjl dan Genap\n3. EXIT"); à
//meberikan isi variable box dengan tampilan input
berbasis GUI yang telah di import dari library javax.swing, kemuadia terdiri
dari 3 menu utama, yaitu menu Biodata, Ganjil Genap, dan Exit
int pil, a, b, c, d; à
/*
mendkalarsika varibel pil, a,b,c, dan d bertipe integer */
pil = Integer.parseInt(box); à
// mengisi varible pil, dengan mengubah tipe data
varible box yaitu integer menjadi sring untuk di eksekusi di percabangan
switch(pil){
à
//percabangan dengan parameter variable
"pil"
case 1: à
//jika memilih
"1" maka perintah dibawah ini akan di eksekusi
nama = JOptionPane.showInputDialog("Masukan
Nama: "); à
//menampilkan kotak input untuk memasukan nama
kelas = JOptionPane.showInputDialog("Masukan
Kelas: "); à
// menampilkan kotak input untuk memasukkan kelas
npm = JOptionPane.showInputDialog("Masukan
NPM: "); à
// menampilkan kotak input untuk memasukkan NPM
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama
Anda :
"+nama+"\n\nKelas Anda
: "+kelas+"\n\nNPM
Anda : "+npm); à
// menampilkan
kotak pesan yang memunculkan nama dengan memanggil variabel nama yang telah
diinput kemudian variabel kelas dan NPM pun ditampilkan
break; à
// untuk menghentikan eksekusi pada case 1
case 2: à
// jika memilih 2 maka perintah ini akan dieksekusi
angka = JOptionPane.showInputDialog("Masukan
Angka: "); à
// menmpilkan kotak input untuk memasukkan angka yang
akan diuji
a = Integer.parseInt(angka); à
// merubah variabel angka yang tadinya string menjadi
integer kemudian ditaruh di variabel a
if(a%2==0){ à
// percabangan if dengan kondisi jika a modulus 2 = 0
maka perintah dibawah akan dieksekusi
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+"
Adalah Bilangan Genap.");} à
// menampilkan kotak pesan dengan memanggil variabel
a kemudian dinyatakan sebagai bill genap
else{ à
// jika kondisi
tidak terpenuhi dieksekusi atau a modulus 2 tidak sama dengan 0
maka perintah di bawah ini akan di eksekusi
JOptionPane.showMessageDialog(null,a+"
Adalah Bilangan Ganjil.");} à
// menampilkan
kotak pesan dengan memanggil variabel a kemudian dinyatakan sebagai bill
ganjil
break; à
// untuk
menghentikan eksekusi perintah pada case 2
case 3: à
// jika
memilih 3 maka perintah ini akan dieksekusi
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Exit . .
. ?\nTerimakasih."); à
// menmpilkan kotak pesan yang bertuliskan terima
kasih
break; à // untuk
menghentikan eksekusi perintah pada case 3
default: à
// perintah yang akan dieksekusi jika user tidak
memenuhi atau tidak memilih pilihan yang disediakan yaitu 1, 2, dan 3 maka
perintah dibawah ini akan dieksekusi
JOptionPane.showMessageDialog(null,"System
Error !\nOut Of Menu !"); à // menampilkan
kotak pesan yang menyatakan bahwa pilihan user tidak ada di menu yang
disediakan
System.exit(0);
à // perintah keluar
dari program ketika tombol ok di klik
}}}
|
3.
OUTPU
PROGRAM
Link Kelompok :
http://andimisbah.blogspot.com/
0 komentar:
Posting Komentar